backpackers hostel: 5footway.inn

20120725-232026.jpg

going abroad is about playing all day long outside. so why bother expensive hotel? try backpackers hostel.

im not recommending this kind of hostel to those who still need high privacy.

i’ve tried 2 backpackers hostel in singapore. first one in little india and now, chinatown area. they have quite similar services and shapes.

there are three 5footways.inn hostel in singapore. two of them lies in chinatown area an the other one is in victoria. we can book them via online. there are some choises of dorm. usually they provide 4 until 12 beds in one dorm. mix dorm or female only dorm. yeap. dorm. one room to share with other backpackers.

female only dorm is usually more expensive than mix dorm. around 3 until 5 sgd higher. mix dorm as its name, is a room for mix country origins and mix sex types. wow.. hahaha.. but, for me, i have faith. backpackers are good people. we have same eager, want to travel with less money.

they charge us per bed. in other hostel, they let us to choose between dorm with fan or room with aircon. but here, they completed all dorms with aircon. c’mon, this is singapore. its humid. you’ll need aircon to have a good sleep. each bed has its own reading lamp, own electric plug, own locker, own key, and access to share bathroom. the bathroom located outside the dorm.

20120725-232352.jpg

karena dorm, kebanyakan hostel seperti ini menyediakan tempat tidur tingkat. bantal sama selimutnya nyaman kok. mereka tau banget backpackers itu sangat butuh tidur yg berkualitas, bukan kuantitas. yg berbadan besar, berdoa aja supaya dapet tempat tidur di bawah. tiap bed dan locker dikasih nomer. nomernya ada di gantungan kunci. jadi, jatahmu adalah jatahmu. gak bisa milih, sudah ditentukan.

kamar mandi biasanya akan dibedakan antara shower sama toilet. biliknya sendiri-sendiri. tiap kamar mandi terdapat banyak bilik shower dan bilik toilet. plus beberapa wastafel. intinya, gak usah takut mandi harus tunggu-tungguan. ada water heater juga. tissue pun berlimpah. kebersihan selalu dijaga. jd walau sharing, tetep nyaman dipake. sabun dan shampoo udah ada juga di tiap bilik shower. jd kalau males bawa-bawa, aman lah. paling bawa aja handuk. berat? berarti gak kenal sama yg namanya microfiber towel. nyahahhaa.. hotel juga siapin kok handuk. charge-nya daily. silakan pilih. menyisihkan uang atau mending beli microfiber towel.

public area di hostel seperti ini sangat bersahabat. ada cafe dan ada lounge. hostel seperti ini rasa kekeluargaannya justru lebih hidup ketimbang fancy hotels, yang masuk ke area public-nya malah gak nyaman. ada café (di 5footway.inn project chinatown 2 karena baru, café-nya baru akan buka) dan ada lounge untuk bersantai baca buku, surfing di internet, atau nonton tv.

20120726-001252.jpg

20120726-001315.jpg

20120726-001327.jpg

di sini biasanya percakapan antar negara sering terjadi. banyak pengetahuan baru yg suka tiba-tiba bisa didapat dari denger cerita backpackers lainnya. sayangnya karena hostel ini baru, belum terlalu banyak tamu-nya. tapi paling gak bisa ngobrol sama receptionist-nya yang sangat ramah.

3 malam kami habiskan di hostel ini. biayanya? hanya 630.000 idr untuk 3 malam. di jakarta aja susah tuh nyari penginapan seharga segitu untuk semalam. rekomen buat yg gak mau ngabisin uang untuk hotel padahal cuma kepake sebentar doang tiap harinya.

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s